Tingkatkan Ekonomi Renah Pemetik Bupati Kerinci Dorong Telkom Witel Jambi Bangun Menara Komunikasi

Salah satu daerah di Kabupaten Kerinci yang memiliki potensi pertanian dan perkebunan cukup besar adalah daerah Renah Pemetik. Di kawasan ini terdapat desa-desa yang penduduknya sangat rajin dan ulet dalam mengolah alam menjadi komoditas yang bernilai ekonomi cukup tinggi. Kulit kayu manis yang merupakan produk khas daerah Kerinci sangat mudah dijumpai di daerah ini, begitu juga dengan produk pertanian lainnya seperti cabai, kentang dan produk holtikultura lainnya. Sayangnya, daerah ini secara komunikasi masih sangat terisolir.

"Untuk memasarkan produknya petani dari Pungut (salah satu desa di Renah Pemetik) harus turun ke bale-bale yang tidak setiap hari buka, kalau sedang beruntung, petani bisa menjualnya dengan harga mahal, tapi kalau sedang tidak beruntung petani harus menjualnya dengan harga murah. Kalau saja ada sarana komunikasi yang memadai, petani-petani itu bisa melakukan survei pasar terlebih dahulu sebelum mereka memanen hasil garapannya." urai Bupati Kerinci Bapak Adirozal.

Ditambahkannya, sarana komunikasi sekarang ini bukan lagi barang tertier, ia bahkan sudah menjadi kebutuhan pokok. Besarnya pengguna Telkomsel di Kabupaten Kerinci tentu dapat menjadi perhatian tersendiri bagi Telkom Witel Jambi agar ada pemerataan pembangunan sarana telekomunikasi untuk seluruh daerah Kerinci.

Pernyataan ini disampaikan oleh Bupati Kerinci dalam kesempatan pertemuan dengan General Manager Telkom Witel Jambi Bapak Epi Antonius beserta rombongan. Dikatakan oleh Epi Antonius, bahwa saat ini Telkom sedang membangun backbone yang akan jadi backbone utama yang murni melalui daerah Jambi, yakni dari Merangin menuju Kerinci, karena selama ini daeah Kerinci mendapatkan akses telekomunikasi melalui jalur yang melewati wilayah Sumatera Barat. (Sholikul Huda)

Share this