Bupati Kerinci Bersama GM Telkom Jambi Bahas Infrastruktur TIK di Kabupaten Kerinci

Bertempat di Rumah Dinas Bupati Kerinci, General Manager Telkom Witel Jambi Bapak Epi Antonius beserta rombongan melakukan silaturahmi dengan Pemkab Kerinci. Dalam kesempatan ini Bupati Kerinci secara langsung menerima kedatangan rombongan dari Telkom Jambi.

Dalam pertemuan itu, ikut hadir juga Staf Ahli Bupati Bapak Muslikhudin, Bapak Sutan Gani, Asisten Pemerintahan Bp. Afrizal, Asisten Administrasi Umum, Bp. Erwan, Kabag Organisasi, Kabag Hukum, Perwakilan dari Dinas Perhubkominfo, Bappeda dan Bagian PDE Setda Kerinci.

Bapak Bupati Kerinci menjelaskan bahwa mulai saat ini dan ke depan telekomunikasi sudah menjadi tumpuan penting bagi aktivitas pemerintahan maupun masyarakat, karenanya Pemkab Kerinci sangat berkepentingan agar sarana infrastruktur telekomunikasi dapat segera ditingkatkan. Saat ini hampir setiap sisi kehidupan sudah tergantung dengan telekomunikasi, pendidikan misalnya, siswa ke depannya di dorong untuk melakukan ujian berbasis elektonik dan online. Begitu juga dengan sektor perdagangan dan industri, pertanian, pariwisata dan lainnya.

Dari sisi pemerintahan juga demikian, misalnya saja soal Perizinan saat ini sebagian perizinan diserahkan ke Kecamatan yang dikenal dengan istilah PATEN. Tujuannya agar masyarakat menjadi dekat dalam mengurus perijinan sehingga bisa lebih cepat dan efisien. Tetapi kalau tanpa infrastruktur TIK yang memadai ia bisa menjadi lebih tidak efisien.

Asisten Administrasi Umum Setda Kerinci Bapak Erwan, SE, M.Si menambahkan bahwa saat ini setiap desa di Kabupaten Kerinci memperoleh dana desa hingga ratusan juta rupiah, dan Kepala Desa wajib melaporkan bukan hanya dari sisi penggunaan dana tetapi juga dari sisi perencanaannya, dan semuanya itu harus dilakukan secara online.

Bapak Drs. Afrizal, H.S., MM selaku Asisten Pemerintahan Umum Setda Kerinci menyampaikan bahwa dalam tahun 2016 ini Pemkab Kerinci bekerja sama dengan Kementerian Hukum dan HAM akan mendirikan kantor imigrasi khusus untuk melayani wilayah Kabupaten Kerinci dan sekitarnya. Penyiapan kantor imigrasi ini tidak bisa terlepas dari kesiapan infrastruktur telekomunikasi, terlebih lagi kantor imigrasi akan terkait dengan akses data dan pemberian izin dalam pengurusan passport dan lainnya. 

Sementara itu General Manager Telkom Jambi Bapak Epi Antonius dengan optimis menjelaskan bahwa sudah menjadi prioritas Telkom untuk menyelenggarakan infrastruktur hingga ke daerah-daerah. Nantinya, pemerintah daerah tidak perlu disibukan dengan pembangunan infrastruktur, Telkomlah nanti yang akan menyediakannya, pemerintah daerah tinggal menggunakannya. (Sholikul Huda).

Share this