SiUPIK sebagai media pengaduan masyarakan ke Pemkab Kerinci melalui SMS

Dasar Hukum

  • Inpres No. 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Gov,
  • UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik bab 13 pasal 54,
  • UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik bab 14 pasal 64 dan
  • Peraturan Bupati Kerinci No  Tahun 2013 tentang Pelayanan Informasi Dan Keluhan Pada Unit Pelayanan Informasi Dan Keluhan (UPIK) Pemerintah Kabupaten Kerinci

 

Gambaran Umum SiUPIK Pemkab Kerinci

SiUPIK adalah singkatan dari Sistem Informasi Unit Pengaduan, Informasi dan Keluhan Pemkab Kerinci. Layanan SiUPIK menggunakan media SMS sebagai penerima dan penyampai pesan dari masyarakat ke Pemkab Kerinci. Masyarakat Kerinci mengirimkan SMS berupa Pengaduan, Permintaan Informasi atau Keluahan ke Pemkab Kerinci Melalui SMS kemudian Pemkab Keirnci melalui SiUPIK mengirimkan balasan/jawaban kepada mayarakat pengirim pesan tersebut.

 

Tugas SKPD Membalas SMS

Setiap SMS yang masuk ke SiUPIK maka moderator UPIK di Bagian PDE akan meneruskan sms tersebut ke SKPD terkait dengan melihat kecocokan isi SMS dengan tupoksi SKPD. Setelah proses penerusan SMS oleh moderator di Bagian PDE maka Kepala SKPD, Sekretaris dan Operator di SKPD akan mendapatkan SMS tersebut langsung ke HP yang bersangkutan. SMS yang telah diterima SKPD harus dibalas paling lambat selama 1x24 jam. Balasan SMS dikirim ke UPIK dengan mengikuti tata cara membalas SMS seperti dijelaskan dalam lampiran.

 

Untuk mengirim pengaduan, informasi dan keluhan ke Pemkab Kerinci anda bisa mengirim SMS ke nomor 0856 90 20 200.

SMS yang masuk ke UPIK bisa dilihat di http://upik.kerincikab.go.id

File: 
AttachmentSize
Image icon upikbanner.jpg166.81 KB
Image icon upikbanner2.jpg27.49 KB
Share this