Rancang Infrastruktur TIK yang Terintegrasi Pemkab Kerinci Selenggarakan Seminar

KERINCI, 26/08/2014 – Bagian PDE Setda Kerinci, Selasa (26/08) menyelenggarakan Seminar Penyusunan Master Plan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Ruang Pola Kantor Bupati Kerinci. Seminar ini dihadiri oleh beragam unsur, mulai dari Anggota DPRD terpilih, Akademisi, Tokoh Masyarakat hingga Pejabat lingkup SKPD Kabupaten Kerinci beserta staf. Acara ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kerinci, H. Adirozal.

Dalam sambutannya Bapak H. Adirozal menekankan pentingnya agar PNS di Kabupaten Kerinci dapat mengikuti perkembangan zaman. Perangkat komunikasi semacam handphone atau komputer tablet jangan jadi kendala, justru harus bisa membantu pelaksanaan tugas. Pelayanan publik harus lebih efektif dan efisien dan pegawainya harus lebih profesional, sebab ini sudah jadi tuntutan masyarakat.

“Selama ini kita sudah merasakan manfaat SMS Center, koordinasi bisa lebih mudah dan murah, bahkan undangan mendadak bisa cepat terkirim dimanapun kita berada. Nah, kita ingin ke depan pemanfaatan teknologi bisa terencana dan terukur pemanfaatannya. Kalau sekarang pegawai sudah merasakan, besok warga Kerinci juga harus bisa memanfaatkan.” Tegas Bupati Kerinci.

Hadir sebagai narasumber dalam seminar ini Bapak Arief Sartono, B.Sc. MM sebagai Group Leader Pengembangan dan Analisa Sistem dari Balai IPTEKnet, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT-RI) Jakarta.

“Sering kali terjadi pemanfaatan dari hasil pengkajian dan penerapan teknologi itu tidak tepat sasaran, karena dilaksanakan oleh unsur organisasi secara sporadis dan tidak terintegrasi antara satu dengan lainnya. Padahal TIK akan sangat optimal jika terintegrasi, baik sebagai enabler maupun sebagai komponen penggerak utama. Disinilah letak pentingnya Master Plan TIK agar pengembangan dan pemanfaatannya dapat terencana dengan baik dan sinkronisasi antar unit kerja dapat terwujud.” terang Arief.

Sementara itu hadir sebagai narasumber berikutnya adalah Bapak Andi Yuniantoro dari Jogjakarta. Dalam presentasinya menekankan pentingnya sebuah sistem berupa aplikasi yang terintegrasi yang dapat menjadi gerbang regional Kabupaten Kerinci. Aplikasi ini tidak hanya bermanfaat untuk Pimpinan Daerah dalam memantau kinerja SKPD, tetapi juga bermanfaat untuk seluruh warga Kerinci, bahkan masyarakat di luar Kerinci.

“Ada enam komponen penting yang perlu diperhatikan agar hal itu dapat terwujud, yakni: 1. Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2. Terdapatnya Aplikasi dengan data yang reliable, 3. SDM yang Handal, 4. Terselenggaranya Tata Kelola TIK yang baik, 5. Adanya lembaga yang spesifik menangani TIK di Kabupaten Kerinci dan yang tak kalah penting 6. Adanya Kebijakan yang sinergis antar unsur organisasi.” Jelas Andi Yuniantoro.

Dalam kesempatan itu, Kabag PDE Setda Kerinci, Yedi Edwar, S.Kom, MM, sebagai Ketua Panitia mengatakan, “Memang letaknya terpencil, tetapi bukan berarti warga Kerinci boleh berkecil hati. Tidak, dengan teknologi informasi, warga Kerinci bisa mengetahui apa yang terjadi di dunia lain dalam waktu bersamaan dengan penduduk di Ibu Kota sekalipun. Artinya untuk akses informasi warga Kerinci tidak kalah dari daerah lain. Kita berharap manfaat TIK di Kerinci bisa berimbas ke sektor pertanian, pendidikan, pariwisata dan dunia usaha. Sehingga masyarakat Kerinci bisa lebih sejahtera.” [~msh!]

Share this