Berita

Kenduri Sko di Kec Air Hangat

2018-02-05 04:14:07 Humas

Kerinci – Tugas dan tanggung jawab depati sesuai dengan kato adat memakan habis, memenggal putus, bakato dulu sepatah, bajalan dulu selangkah. Tugas dan tanggung jawab ninik mamak ialah kato menyusun, kusut diselesai, keruh dijernihkan, memasukkan petang mengeluarkan pagi, begitu pula sko tuo tengganai meniti simato pedang, menentang simato hari, memanjat sirih dan bakarangko, memanjat pinang dan berlumut, terjun siang, terjun malam, tibo dimato tidak dipicingkan, tibo diperut tidak dikempiskan, mengukur samo panjang menimbang samo berat.

Demikian yang diungkapkan Bupati Kerinci H. Adirozal saat menyampaikan pidatonya pada acara Kenduri Sko/Sudah Tuai Desa Koto Baru Air Tengang dan Sawahan Jaya  Kecamatan Air Hangat (04/02). Acara ini dihadiri juga oleh ketua DPRD Kabupaten Kerinci Arpan Kamil,  Ketua Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Sungai Penuh, Sekretaris Daerah Kerinci, camat dan forum koordinasi pimpinan Kecamatan Air Hangat, kepala desa dan ketua lembaga kerapatan adat dalam Kecamatan Air Hangat.

Dalam kenduri sko/kenduri tuai, yang menjadi fokus dan perhatian kita adalah suatu bentuk kepedulian  dalam mensyukuri rahmat dan karunia yang telah dilimpahkan oleh Allah SWT kepada kita semua. Pada saat kenduri sko ini, kita dapat membuka tambo dan menutur kembali kepada generasi muda sehingga kita bahkan sampai kepada anak cucu kita nantinya tidak akan kehilangan ranji dan silsilah yang mempertautkan antar sesama.

Di samping itu, lanjut Bupati, kita dapat melihat dan mengetahui bagaimana hubungan tutur tabano antara satu desa dengan desa lainnya, antara satu depati dengan depati lainnya bahkan antara satu daerah dengan daerah lainnya. Harapan kita, dengan pelaksanaan kenduri ini akan menambah eratnya kekerabatan dan kekeluargaan, persatuan dan kesatuan serta rasa kebersamaan antara sesama.






Berita terkait:


PJS. BUPATI KERINCI BUKA FGD PARIWISATA KAB. KERINCI

RUMAH LAMA PTPN VI Akan DISULAP JADI PENGINAPAN WISATAWAN

Bupati Kerinci Dampingi Tim Survei Rute Tuor de Singkarak

Bupati Kerinci Minta Citra dan Imej Pariwisata Kerinci Dijaga

BALAB SEPEDA TOUR DE SINGKARAK AKAN MELEWATI KAB KERINCI

Jadi Jalur Tour de Singkarak, Ami Taher Dorong UMKM Promosikan Kerajinan dan Kuliner Kerinci

Bupati Kerinci Hadiri Langsung Launcing Wonderful Sumbar 2019

Bupati Kerinci Buka Kayu Aro Culture Festival

Bupati Kerinci Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan TdS tahun 2019


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 217
  • Kemarin 410
  • Minggu ini 6840
  • Bulan Ini 13519
  • Total 345748