Berita

Jangan Buang Sampah di Sungai, Adirozal: Terciduk Viralkan, Saya Kasih Hadiah

2019-06-19 03:21:23 Humas

Jangan Buang Sampah di Sungai, Adirozal: Terciduk Viralkan, Saya Kasih Hadiah

Pemkab Kerinci- Sampah masih menjadi masalah yang belum teratasi di wilayah Kabupaten Kerinci. Hal tersebut disebabkan, perilaku buruk masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan. 

Seperti yang terjadi di drainase dekat Bandara Depati Parbo Kerinci, beberapa hari terakhir ini sempat viral di Media Sosial (Medsos) adanya tumpukan sampah di Bandara Depati dan masuk ke sawah warga. 

Mendapat laporan masyarakat, Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultural, Radium Halis, langsung turun ke lapangan bersama dengan Babinsa dan Kelompok Usaha Tani membersihkan sampah yang menumpuk dan masuk ke sawah warga. 

Radium Halis meminta, kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke dalam sungai dan menjaga ekosistem lingkungan. "Kalau sampah sudah menumpuk dan masuk ke sawah warga seperti ini, masyarakat yang dirugikan. Kita minta kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan," sebutnya. 

Sementara, Nawan salah seorang tokoh masyarakat Desa Hiang, sangat mengapresiasi langkah Dinas Pertanian yang bertindak cepat atas laporan masyarakat terkait tumpukan sampah yang ada di pintu masuk Bandara Depati Parbo dan masuk ke persawahan warga. 

“Mari kita semua bertanggung jawab, tidak ada guna kita saling menyalahkan. Mari kita sama menjaga kebersihan sungai kita demi masa depan anak cucu kita," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kerinci Adirozal, belum lama ini juga pernah menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Dia mengatakan, untuk mengatasi permasalahan tersebut, dirinya telah berulang kali menyampaikan kepada Kades, agar membeli motor dengan dana desa untuk membuang sampah. 

Mengingat, mobil pembuang sampah yang disediakan Pemerintah Kerinci tidak bisa masuk ke lorong-lorong desa. "Saya sudah minta berkali-kali kepada Kades beli motor, dana desa kan ada. Buat peraturan desa, sehingga motor langsung antar ke TPS, dan selanjutnya mobil sampah baru ngantar ke TPA. Mengharapkan dinas masuk ke gang, itu jangan harap," ucap Bupati. 

Dirinya juga mengajak kepada warga, untuk bersama-sama melakukan gerakan ciduk sampah sembarangan. "Mari kita lakukan gerakan terciduk, jika ada warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan, silakan buat video viralkan. Maka saya akan berikan hadiah. Dan juga nantinya, bila perlu, kita buat balehonyo," tegasnya.(hms)





Berita terkait:


PJ BUPATI KERINCI SAFARI JUM'AT DI DESA PELOMPEK KEC. GN VII

Pjs Bupati Kerinci Meninjau Banjir di SDN No 182/III Desa Telun Berasap

Pjs Bupati Kerinci Meninjau Longsor di Tembok Penahan Badan Jalan di Desa Sungai Jernih

Pjs. Bupati Kerinci Tinjau Kebakaran di Kec Air Hangat Barat

PERINGATI ISRA’ MI’RAJ SEKALIGUS PELANTIKAN PENGURUS MUI KERINCI

Pjs. Bupati Kerinci Agus Sunaryo menyerahkan bantuan Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Kerinci tahun 1439 H/2018 M

PJS. SEKDA KERINCI SERAHKAN BANTUAN BAZDA

PEMKAB KERINCI HADIRI HALAL BIL HALAL DAN PELEPASAN CALON JEMAAH HAJI

Ribuan Warga Hadiri Pesta Rakyat Syukuran Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kerinci periode 2019-2024.

MARI MENJAGA KEAMANAN DAN KETERTIBAN PEMILU


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 183
  • Kemarin 370
  • Minggu ini 4723
  • Bulan Ini 11682
  • Total 233439