Berita

Bupati Kerinci Terima Sertifikat Tanda Daftar Varietas Tanaman Lokal Dari Kementerian Pertanian

2019-09-09 07:46:48 Humas

Bupati Kerinci Terima Sertifikat Tanda Daftar Varietas Tanaman Lokal Dari Kementerian Pertanian

Pemkab Kerinci- Pemerintah kabupaten Kerinci pada Jum'at (06/09) kemarin, menerima 8 Sertifikat Tanda Daftar Varietas Tanaman Lokal dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia Prof. Erizal Jamal, kepada Bupati Kerinci H.Adirozal, di Desa EnSatu, Kecamatan Kayu Aro Barat. 

Delapan varietas lokal yang telah diakui sebagai kepemilikan Kabupaten Kerinci, antara lain Tanaman Holtikultura yaitu, Bawang Putih Varietas Jangkiriah Adro, Bawang Merah Varietas Baki Adro, Cabai Varietas Loker Telun Berasap, Cabai Varietas Ahang Adro, dan Kentang Varietas Kubik Adro. Sedangkan tanaman Pangan padi Varietas Padi payo Dukung, Padi Varietas Padi Payo Bunga Melur, dan Ubi Jalar Varietas Ubi Jalar Silo.

Dalam sambutanya, Bupati Kerinci, Dr.H.Adirozal menyampaikan, dengan terdaftarnya hasil tani akan mensejahterakan masyarakat.  "Hasil petani Kerinci didaftarkan bisa untuk disebar dan tentunya meningkatkan nilai jual,"ujarnya. 

Adirozal menilai kehadiran Gubernur Jambi serta pihak Kementerian Pertanian memberi harapan dan menjadi motivasi bagi masyarakat Kerinci untuk lebih giat meningkatkan hasil pertanian. "Kami akan berbuat lebih baik ke depannya dengan sertifikat tentunya produk hasil tani kita lebih dihargai," kata Bupati Kerinci.

Gubernur Jambi, Dr. Drs. H.Fachrori Umar, M.Hum dalam sambutannya mengajak kelompok tani dan seluruh pemangku kepentingan serta pihak terkait untuk bersama-sama terus berupaya meningkatkan kualitas tanaman pangan varietas lokal Provinsi Jambi, yang akan berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan petani, selanjutnya meningkatkan perekonomian dan kemajuan daerah.

Fachrori mengatakan, percepatan pelaksanaan pembangunan tanaman pangan, hortikultura dan peternakan menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Jambi serta mengharapkan kerjasama masyarakat petani mewujudkan cita-cita bersama berdaulat di bidang pangan. 

"Selalu bekerja dengan baik dan mengikuti petunjuk petugas penyuluh yang memberi bimbingan dan informasi terkait masa pra tanam, tanam, hingga panen dan jika menemui kendala segera lakukan diskusi dan temukan solusi," pesan Fachrori.

Kepala PPVTPP Kementerian Pertanian Prof.(R).Erizal Jamal menyatakan kesiapan pihak kementerian membantu apapun yang terkait dengan pembangunan pertanian di Kerinci. 

"Hari ini kami buktikan dengan penyerahan sertifikat sebagai tanda pemerintah mengakui bahwa varietas yang kita berikan sertifikat itu murni milik pemerintah dan masyarakat kabupaten Kerinci," ujar Erizal. 

Erizal menyampaikan data jumlah varietas tanaman yang saat ini ada 1.468 varietas yang sudah didaftarkan, dan 38 varietas dari Provinsi Jambi yang 13 diantaranya dari Kabupaten Kerinci. "Varietas potensial yang siap untuk didaftarkan kami siap untuk mendampingi, harapan menjadi produk unggulan nasional menambah semangat petani dan kami siap bantu dan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jambi dan Kabupaten Kerinci," kata Erizal.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikuktural kabupaten Kerinci, Radium Halis, usai acara mengatakan bahwa pihak terus akan kembangkan varietas tanaman Kerinci. 

"setelah di daftar ini kita akan lakukan pelepasan, kita sudah mengambil langkah pelasan, dengan uji adaptasi dan keunggulan, nanti setelah dilabel bisa dilabel milik Kerinci,"jelasnya. 

Sedangkan untuk pengembangan penanaman bawang putih, pada tahun 2019 ini, pihaknya menyiapkan lahan sekitar 100 hektare di kabupaten Kerinci.

"Untuk bawang putih kita siapkan lahan sekitar 100 hektare tahun 2019 ini, yang tersebar di Kecamatan Kayu Aro dan Bukit Kerman, karena harus didataran tinggi,"jelasnya.(hms) 





Berita terkait:


PERINGATAN HUT KE 61 PROVINSI JAMBI TAHUN 2018

KABUPATEN KERINCI RAIH PENGHARGAAN AKUNTABILITAS KINERJA TAHUN 2017 DENGAN PREDIKAT NILAI “B” (BAIK) DAN “ADHITYA KARYA MAHATVA YODHA 2017”

KABUPATEN KERINCI RAIH PENGHARGAAN AKUNTABILITAS KINERJA TAHUN 2017 DENGAN PREDIKAT NILAI “B” (BAIK) DAN “ADHITYA KARYA MAHATVA YODHA 2017”

Bupati Kerinci Menerima Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Tahun 2017

PENYERAHAN EMPAT RANPERDA KAB KERINCI TAHUN 2017

Bupati Kerinci Menyerahkan Piala kepada Pemenang Bupati Cup

Bupati Kerinci Tutup Diklat Prajabatan

BUPATI KERINCI MENYERAHKAN SURAT TUGAS TENAGA MAGANG

BUPATI KERINCI BERTINDAK SELAKU PEMBINA PADA APEL GABUNGAN KANTOR POL PP DAN DAMKAR

BUPATI SERAHKAN SK 24 ORANG CPNS KEMENKUMHAM


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 250
  • Kemarin 837
  • Minggu ini 5551
  • Bulan Ini 3677
  • Total 198416