Berita

Gelar Pelatihan Manajemen, Dinas Pariwisata Kerinci Dorong Perkembangan Home Stay

2020-08-05 08:03:57 Humas

 Gelar Pelatihan Manajemen, Dinas Pariwisata Kerinci Dorong Perkembangan Home Stay

 Pemkab Kerinci - Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, gelar pelatihan manajemen homestay. Pelatihan itu dibuka langsung oleh Bupati Kerinci Adirozal, di hotel Bintang Kerinci Kayu Aro, Selasa (4/8/2020).Bupati Kerinci Adirozal dalam sambutannya menyampaikan bahwa lebih dari separuh wilayah kabupaten Kerinci adalah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), yang tidak dapat diganggu gugat kelestariannya, dilain pihak pemerintah daerah harus meningkatkan pendapatan asli daerah dan juga pendapatan masyarakat.

“Salah satu cara yang ditempuh agar tidak menganggu kelestarian alam adalah meningkatkan sektor pariwisata, oleh karena itu pemda sangat mendukung keberadaan Homestay di kabupaten Kerinci, sebagai salah satu fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan selama berwisata,” ungkap Bupati.

Ditambahkan Mantan Wakil Walikota Padang Panjang ini, homestay mempunyai konsep yang sangat sesuai untuk mendukung pengembangan pariwisata di kabupaten Kerinci, mengingat potensi besar wisata di bumi sakti alam Kerinci adalah alam dan kebudayaan.

“Saya minta kepada seluruh pengelola homestay dengan baik dan penuh rasa kekeluargaan, selain itu kebersihan dan kenyamanan tamu harus diutamakan. Karena tamu yang datang, merupakan salah satu alat promosi yang sangat efektif dalam menyampaikan informasi pariwisata dan fasilitasnya kepada teman, keluarga maupun kerabatnya,” paparnya.

Bupati Kerinci Dua periode ini juga berharap, efek positif dari sektor pariwisata juga dirasakan oleh masyarakat yang menyiapkan rumahnya sebagai homestay, yang selama ini manfaat dari kegiatan kepariwisataan lebih dirasakan oleh Resort dan hotel.

“Kita harapkan seluruh peserta mengikuti pelatihan ini dengan serius dan sungguh-sungguh, mudah-mudahan kelak akan menjadi dasar keterampilan dalam mengembangkan homestay,” tutup Bupati.

Kadis Pariwisata Kerinci, Juanda Sasmita, dalam sambutannya mengatakan bahwa, Pelatihan manajemen homestay, dalam rangka kegiatan peningkatan kualitas tata kelola destinasi pariwisata dan kapasitas masyarakat pelaku usaha kepariwisataan tahun anggaran 2020, bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan pengelola homestay.

"Kegiatan ini kita lanksanakan selama 3 hari, yang diikuti oleh 43 orang peserta. Dimana hari terakhir, kita langsung turun lapangan praktek," ungkap Juanda.

Bahkan nantinya, para pelaku Homestay yang ada di Kerinci akan didorong untuk pembuatan izin, akan semakin berkembang dan terus membaik. "Untuk di Kerinci, masih ada 50 persen yang belum punya izin. Semoga dengan ada acara ini, mereka mulai mengurus izin. Karna ini gratis, tidak ada biaya," tegasnya.(hms)





Berita terkait:


Kenduri Sko di Kec Air Hangat

PJS. BUPATI KERINCI BUKA FGD PARIWISATA KAB. KERINCI

RUMAH LAMA PTPN VI Akan DISULAP JADI PENGINAPAN WISATAWAN

Bupati Kerinci Dampingi Tim Survei Rute Tuor de Singkarak

Bupati Kerinci Minta Citra dan Imej Pariwisata Kerinci Dijaga

BALAB SEPEDA TOUR DE SINGKARAK AKAN MELEWATI KAB KERINCI

Jadi Jalur Tour de Singkarak, Ami Taher Dorong UMKM Promosikan Kerajinan dan Kuliner Kerinci

Bupati Kerinci Hadiri Langsung Launcing Wonderful Sumbar 2019

Bupati Kerinci Buka Kayu Aro Culture Festival

Bupati Kerinci Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan TdS tahun 2019


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 138
  • Kemarin 458
  • Minggu ini 9367
  • Bulan Ini 13367
  • Total 361800