Berita

DANA DESA TERFOKUS KEGIATAN LINTAS BIDANG

2018-04-26 02:48:09 Humas

Kerinci – Pjs. Bupati Kerinci Agus Sunaryo membuka secara resmi Sosialisasi Revisi Dana Desa Tahun 2018 3 (tiga) Kecamatan dalam Kabupaten Kerinci, Selasa (25/04) bertempat di Kantor Camat Kayu Aro. Tiga kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Gunung Tujuh, Kecamatan Kayu Aro dan Kecamatan Kayu Aro Barat. Acara ini dihadiri kepala Dinas PMD Kerinci, kepala BPJS Kerinci dan diikuti oleh camat dan kepala desa di tiga kecamatan serta pendamping desa.

Pjs. Bupati Kerinci dalam sambutannya mengungkapkan ketentuan yang menjadi landasan pelaksanaan penggunaan dana desa tahun anggaran 2018 sebagaimana diatur dengan peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 19 Tahun 2017 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2018 dan surat keputusan bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Nomor : 140-8698 Taun 2017, Nomor : 954/KMK.07/2017, Nomor : 116 Tahun 2017 dan Nomor : 01/SKB/M.PPN/2017 tentang penyelarasan dan penguatan kebijakan percepatan pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa.

Mengacu pada pelaksanaan dana desa tahun 2017, dana desa untuk Kabupaten Kerinci yang berjumlah Rp 213.334.035.000 (dua ratus tiga belas milyar tiga ratus tiga puluh empat juta tiga puluh lima ribu rupiah) terealisasi sebanyak Rp 210.631.855.800 ( dua ratus sepuluh milyar enam ratus tiga puluh satu juta delapan ratus lima puluh lima ribu delapan ratus rupiah) atau sebesar 98,73 %. Untuk pelaksanaan penggunaan dana desa tahun anggaran 2018 dapat terealisasi 100 % sehingga masyarakat desa dapat menikmati hasil dari penggunaan dana desa tahun 2018.  “Pemerintah Desa diharapkan merencanakan dan memanfaatkan dana desa dengan melibatkan masyarakat, baik dalam musyawarah perencanaan maupun dalam pelaksanaannya”, ungkap Bupati.

Keputusan bersama empat menteri menetapkan bahwa dana desa untuk tahun 2018 dilaksanakan untuk kegiatan padat karya tunai. Ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat marginal/miskin yang bersifat produktif berdasarkan pemanfaatan sumber daya alam, tenaga kerja dan teknologi lokal dalam rangka mengurangi kemiskinan, meningkatkan pendapatan dan menurunkan angka stunting (gizi buruk). Kegiatan ini dimaksudkan untuk refocusing penggunaan dana desa tahun 2018 pada tiga sampai lima jenis kegiatan sesuai dengan kebutuhan dan prioritas desa dan penggunaan dana desa untuk kegiatan pembangunan desa paling sedikit 30 % wajib digunakan untuk membayar upah masyarakat dalam rangka menciptakan lapangan kerja di desa.

Dana desa difokuskan untuk program kegiatan yang bersifat lintas bidang, program kegiatan lintas bidang antara lain bidang kegiatan produk unggulan desa atau kawasan perdesaan, bumdesa atau bumdesa bersama, embung dan sarana olahraga desa sesuai dengan kewenangan desa. Pelaksanaanya wajib dipublikasikan oleh pemerintah desa di ruang publik yang dapat diakses oleh masyarakat desa, jelas Bupati.

Pelaksanan prioritas penggunaan dana desa tahun anggaran 2018 diharapkan dapat lebih baik dan tidak terjadi permasalahan dalam pengelolaannya sehingga dengan adanya bantuan dana desa dari pemerintah pusat dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tingkat perkembangan desa dan menuntaskan tingkat kemiskinan, ungkap Bupati mengakhiri sambutannya.






Berita terkait:


PENINJAUAN KEBAKARAN KOTA SUNGAI PENUH

BUPATI RESMIKAN PROYEK FISIK DINAS PENDIDIKAN KAB. KERINCI

Kerinci Terima Bantuan Dua Alat Berat Untuk Antisipasi Bencana

Pjs Bupati Kerinci Meninjau Proyek Pembuatan Jembatan Gantung

KERINCI DIHARAPKAN SELESAIKAN PROSES PERGANTIAN LAHAN BANDARA

PLN Targetkan Jumat Listrik Kerinci Normal

BUPATI BUKA MUSRENBANG RANCANGAN RKPD TAHUN 2020

Bupati dan Wakil Bupati Hadiri Pembukaan Jambore Pendamping Desa Tingkat Provinsi Jambi

Jambore sebagai Sarana Menempa SDM Pendamping Desa


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 196
  • Kemarin 458
  • Minggu ini 9425
  • Bulan Ini 13425
  • Total 361858