Berita

BUPATI BUKA MUSRENBANG RANCANGAN RKPD TAHUN 2020

2019-03-18 14:24:59 Humas

BUPATI BUKA MUSRENBANG RANCANGAN RKPD TAHUN 2020

Kerinci  - Bupati Kerinci H. Adirozal, Kamis (14/03) membuka secara resmi Musrenbang Rancangan RKPD Tahun 2020 bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Kerinci. Acara ini dihadiri juga oleh Wakil Bupati Kerinci H. Ami Taher, Sekretaris Daerah Kerinci, pimpinan DPRD Kabupaten Kerinci, Kepala Bappeda Provinsi Jambi, pejabat struktural dan fungsional lingkup Pemerintah Kabupaten Kerinci serta pengurus Forum Kepala Desa dalam Kabupaten Kerinci.

Pembukaan Musrenbang Rancangan RKPD Tahun 2019 ini mengambil tema “Dengan Musrenbang Rancangan RKPD Tahun 2020 Kita Wujudkan Visi kerinci Lebih Baik dan Berkeadilan”.

Bupati Kerinci dalam sambutannya mengungkapkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) adalah dokumen periode 1 tahun. Pemerintah Daerah wajib menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang memuat gambaran umum kondisi daerah, kerangka ekonomi dan keuangan daerah,sasaran dan prioritas pembangunan daerah, rencana kerja dan pendanaan seerta kinerja Pemerintah Daerah. Penyusunan RKPD berprdoman pada RPJMD kabupaten, rancangan awal RKPD provinsi, program strategis nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah dan pedoman penyusunan RKPD.

Dokumen RKPD, lanjut Bupati, berperan sangat strategis dalam menjembatani antara keperntingan perencanaan jangka menengah dengan perencanaan dan penganggaran tahunan.

Penyusunan RKPD Kabupaten Kerinci tahun 2020 dilaksanakan dengan menggunakan empat pendekatan, yaitu pendekatan teknokratik, partisipatif, politis, bottom-up dan top-down. Hal ini dimaksudkan untuk menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, sinergitas antar wilayah, antar ruang dan antar waktu serta antar urusan pemerintahan dan stakeholders pembangunan daerah sehingga upaya menyelesaikan masalah dapat dilakukan secara terintegral dan komprehensif.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 86 Tahun 2017, tujuan Musrenbang Rancangan RKPD adalah menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah, menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indicator dan target kinerja serta lokasi, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan priorita pembangunan provinsi, klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten/kota dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil musrenbang kecamatan.

Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kerinci tahun 2020 merupakan tahun pertama dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kerinci tahun 2019-2024 atau penjabaran visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kerinci Periode 2019-2024 serta pencapaian target indicator kinerja daerah Kabupaten Kerinci pada tahun pertama, pungkas Bupati.





Berita terkait:


PENINJAUAN KEBAKARAN KOTA SUNGAI PENUH

BUPATI RESMIKAN PROYEK FISIK DINAS PENDIDIKAN KAB. KERINCI

Kerinci Terima Bantuan Dua Alat Berat Untuk Antisipasi Bencana

Pjs Bupati Kerinci Meninjau Proyek Pembuatan Jembatan Gantung

KERINCI DIHARAPKAN SELESAIKAN PROSES PERGANTIAN LAHAN BANDARA

DANA DESA TERFOKUS KEGIATAN LINTAS BIDANG

PLN Targetkan Jumat Listrik Kerinci Normal

Bupati dan Wakil Bupati Hadiri Pembukaan Jambore Pendamping Desa Tingkat Provinsi Jambi

Jambore sebagai Sarana Menempa SDM Pendamping Desa


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 146
  • Kemarin 458
  • Minggu ini 9375
  • Bulan Ini 13375
  • Total 361808